31.5.10

Laporan Jalan-Jalan De Ranch + Boscha

















karena ini liburan panjang,, dan sebentar lagi anak2 bakal pada balik ke kampung halaman masing2, dan karena kami sedikit berhemat... jadilah kami memutuskan mengunjungi tempat wisata sekitar bandung.

here our trip:

07.00 = kumpul di tukang bubur spesial depan jalan tubagus IV. pilih yang ati ampela.

07.30an = jalan ke siliwangi, naik angkot caheum-ledeng sampe ledeng, trus nyambung angkot lembang sampe lembang, trus sedikit ditipu tukang delman dan naik delman sampe de ranch

ongkos caheum-ledeng: 2500/orang
lembang: 3000/orang
delman: 10.000 bertiga

08.00 lebih = sampe di de ranch... liat2 pemandangan. Suka deh, air, jenis pohon2nya, asap di kejauhan bagai kabut, gunung tangkuban parahu, meja-meja dan kursi, bangunan de ranch-nya, jendelanya, selasarnya, udaranya.. hm, trutama... sapi dan kuda yang merumput.

biaya masuk de ranch: 5000/orang

09.00an = kami mendekati area pelepasan kuda... dan ngerumpiin kuda paling gede yang joget...hahaha... aku nyobain foto kuda yang lagi lari.. tapi kurang berhasil...
setelah bosan melihat kuda merumput dan kejar2an, kita beranjak ke sapi2 yang dipagari tali dengan listrik bertegangan rendah. Sapi2nya lucu, ada yang gemuk ada yang kurus. dan entah kenapa sapi2 ini dikelilingi banyak capung berterbangan.... Kita foto2 sambil ngasih makan sapi... dan aku heran sapi makannya banyaak sekali...

biaya nonton kuda trus ngasih makan dan foto sama sapi: gratis

10.30an = kita nukerin tiket masuk dengan susu gratiss... mmm... yummy! setelah itu nyobain sosis bakar dan buka-buka perbekalan. selain itu aku dan luke menganalisis keanehan yang terjadi pada SLR luke. antara kena virus, atau karena aku nahan shuternya kelamaan. waaa.. gawat!

susu murni: gratis. ada rasa melon, mocca, stawberry
sosis bakar: 10.000/porsi dan seporsinya cuma satu. ada rasa blackpepper dan cheese.

11.00an = naik kudaaa!! hehehe... pake kostum dan keliling de ranch. walaupun tetep dituntun tapi mending lah daripada naik kuda di depan itb... haha.
Kuda yang aku tunggangi namanya Laras.. dan dia umurnya 5 tahun. Harusnya udah usia untuk hamil. Tapi dia terlalu gemuk. Laras pernah sempat mau hamil, tapi ngga jadi karena terlalu gemuk itu.. Ayo berdiet, Laras!

biaya naik kuda: 15.000/orang/putaran reguler

11.30an = keluar dari de ranch dan tertahan iklan hujan...hehe. kami foto di depan tulisan de ranch dan memulai trip ke boscha. Asyiik. Di perjalanan, beberapa meter dari gerbang de ranch, kita mampir ke pabrik tahu... duh lupa namanya... dan chintia beli tahu yang udah matengnya. enak! kayak tofu.

perjalanan ke boscha ngga deket, tapi searah dengan jalan pulang ke bandung. Kita naik angkot lembang ke arah bandung, dan turun di belokan deket jalan masuk ke arah boscha..

di pangkal jalan itu kita ditawarin ojek 3000/org, tapi memutuskan jalan dan naaaaanjaaak sampe boscha. deket ko, kira-kira 2 kilometer katanya.

di jalan menanjak itu kita sempet ngelewatin SDN Pancasila... di sini jajan cakue deh chintia dan muti...haha

ongkos angkot lembang-bandung: 2000/org ya?
cakue: 2000, baik yang lebaran kotak maupun yang kecil2 dibungkus

12.30an = sampe di boscha.. sholat dzuhur. aku melihat kucing penjaga makam. kata chintia kucing jadi2an. haha... becanda. aku dan chintia dua2nya ngarang. cuma kucing biasa. ga ada makamnya pula.

12.50 = mendatangi loket pendataran kunjungan dan ternyata tutup.. jadi kita foto2 di depan boscha dengan berisik sampe ditegur satpam. kita juga nyoba foto tiduran menatap ke atas dan kesilauan sampe nangis... hahaha

13.00 = loket pendaftaran buka dan mencoba daftar, ternyata yang jaga anak astronomi itb yang baru lulus....

tiket kunjungan: 7000/orang ?? heheheheheheheheheh ^_____________________^

13.00 lebih sedikit = mulai kunjungan. yang sangat lama karena banyak pertanyaan.

pertama memasuki bangunan boscha yang terkenal dan melihat teropong zeiss-nya. dijelasin spesifikasi teropong buatan tahun 1923 ini dan cara kerjanya... aku suka waktu nyeletuk "ada remotnya ngga" dan merasa cerdas... hahaha.. dodol. aku juga suka bagian pertanyaan waktu kita menemukan kenyataan bahwa muti yang sepertinya mau pindah jurusan membuat anak2 di keluarga yang ikut kunjungan juga sampe duduk2 di lantai gara2 pegel nunggu pertanyan muti berhenti... haha

kedua, masuk ruang multimedia. dengerin penjelasan dari orang yang jaga loket pendaftaran, yang belakangan kita ketahui bernama evan akbar. aku suka bagian tentang rasi bintang dan perbandingan ukuran planet. aku juga suka antares dan sirius white.

ketiga, mengamati matahari melalui hasil proyeksi teropong matahari... ternyata yang demonstrasi-innya temen janet, anak 2007 juga... titip salam deh jadinya buat janet, berkat muti inisiatif. di name-tagnya namanya eko. kata muti namanya emang eko. tapi aku bilang bisa aja itu name-tag orang lain soalnya foto di nametagnya agak ga jelas.

15.00 = pamitan dari boscha... kami turun gunung dan jajan cakue lagi.. kali ini semua beli kecuali luke. di jalan besar kami naik angkot lembang-bandung lagi.. lalu aku, chintia, muti, sherly turun mampir ke rit's sementara irma dan luke langsung pulang.

rit's tempatnya asyik... es krimnya enak, rasa buahnya juga asli banget. o ya chicken cream soupnya juga enak...

cream soup: 11.000
es krim (pilih yang garden basket) 20.000 berdua
belum termasuk tax 10% plus 2000 misterius.

16.40an = pulang... berdiskusi seru dulu lama di depan rit's, naik angkot lembang-bandung lagi. naik caheum-ledeng dan macet.

ongkos angkot lembang: 2000 ??? ko mahal ya
ongkos angkot caheum-ledeng 2000 ya

17.35 = kejebak macet dr setiabudi sampe siliwangi dan panik, mampir di masjid pinggir jalan, lalu lega karena sempet sholat sebelum maghrib tiba... kita sholat maghrib di masjid itu juga, baru pulang... alhamdulillah.

No comments:

Post a Comment