4.8.10

Laporan Perjalanan Karimun Jawa, Part 1

Seperti biasa, ini termasuk hal yang wajib saya lakukan seusai perjalanan. Tara! Menulis laporan perjalanan. Seperti biasa juga, jam2 di bawah ini hanya berupa perkiraan dan mungkin kegiatan yang tertulis bukan hal yang penting2 amat.. hanya laporan.. :). Please, enjoy it guys!

Hari 1: Minggu, 25 Juli 2010

17.30 = kumpul di masjid salman, berkenalan, menunggu adzan maghrib, sholat maghrib dijama’ isya, lalu ke pool kramat jati dago, dan brangkat!

- Tiket bis brangkat Rp 75.000/orang termasuk kupon makan di dalamnya.

20.00 = merasa lapar, lalu mendapat snack berupa roti isi selai kacang yang dibungkus plastik dan kotak sterofoam! betapa borosnya kemasan ini untuk sebongkah roti kacang… hh..

21.00 = mampir ke rumah makan dan antri makan malam sambil membawa2 kupon. Menu seadanya, dan beda2 tergantung kamu baris di urutan ke berapa.

Hari 2: Senin, 26 Juli 2010

07.00 = sampai di pelabuhan jepara. Hahay. Makan nasi soto-sop. Dan nongkrong.

- Nasi soto-sop Rp 4000,-/porsi
- Toilet Rp 1000,- sampai 3000,- tergantung keperluan.

08.20 = naik kapal ferry MURIA. Mencari tempat duduk dan mengunggu kapal berangkat.

- Tiket ferry udah termasuk dalam paket liburan ini. Harga paketnya Rp 375.000,-/org

09.00 = kapal berangkat. Putra bilang, dia liat ikan loncat waktu kapal berangkat ini.

11.00 = bosan dan ngantuk... akhirnya bergabung main uno bersama sre, rudy, ridwan, ryo, karmen, dan rido, lalu putra dan albert. hehehe... dan hampir selalu kalah. Kalah ini ada hukumannya pula, pertama2 hukumannya makan kacang beserta kulitnya (kena 2 kali).. trus karena alasan kesehatan diganti jadi truth or dare (kena 2 kali juga.. haha).

13.00 = selesai dengan uno, nongkrong di sisi kapal dan mengganggu tidur bundo dan luke dengan banyak pertanyaan. Mengharap bisa ngeliat ikan loncat atau paus atau lumba-lumba, tapi hanya ketemu SATU burung camar.

14.00 = pura2 tidur, gagal, berdiri memandangi pulau karjaw yang mulai kelihatan.

15.00 = Sampai di karimun jawa! What a day! Kami disambut oleh Mas Alex dan Via yang udah lama nunggu di sana. Via naik kapal karjaw dan perjalanannya hanya dua setengah jam. Ck ck.. maklum muria kelas ekonomi.
Malem ini nginep di rumah penduduk dulu… Kami yang bersemangat dan kebagian giliran mandi pertama, ya mandi. Yang nggak nongkrong di teras.

17.00 = makan sore di alun2… mencoba baso ikan dan foto2 di dermaga kecil sambil menikmati sunset di balik awan nun jauh di sana. Lalu balik ke rumah penduduk tempat kita numpang.

- Baso ikan Rp 6000.-/porsi
- Tela2 Rp 3.500,-/porsi

19.00 = kembali diantar naik mobil bak terbuka ke alun2… pesan ikan bakar yang lamanya seabad, dan mendapat pengalaman 'berharga' jalan2 di pantai yang kecil dan sepi.. idih… hahaha

- Ikan bakar + nasi Rp 12.000.-/ porsi
- Es Teh manis Rp 2.500,0/gelas

22.30 = sampai di rumah, bawa oleh2 bau asap di seluruh tubuh, mandi, dan akhirnya tidur dengan benar.

Hari 3: Selasa, 27 Juli 2010

04.30 = merasa sudah benar2 bangun, lalu beranjak cuci muka, sikat gigi, subuh, dan nongkrong.

05.30 = mencoba memanfaatkan waktu dengan jalan2 di pantai sisi lain dermaga bareng sre, raras, iid. Ketemu bapak2 dan ibu2 yang sedang naik ayunan bareng di pantai resort… sweet deh.

07.00 = balik ke rumah, papasan sama rombongan lain yang mau brangkat ke pantai.. (muti, rere, rudy, putri, luke) haha.. shift2an. Setelah sampai kita ganti baju dengan kostum snorkling.

07.30 = sarapan di warung bu ester sama muti, karmen, dan raras. Hm.. segelas besar susu hangat dan ketan goreng.

- susu Rp 4000,-/ gelas besar
- ketan goreng Rp 1.250/ buah
- kalau makan nasi+telur Rp 5.500.-
- kalau makan nasi+telur+sayur Rp 6.500,-

08.00 = balik ke rumah, papasan lagi sama rombongan yang mau makan (karmen, rido, ryo, ridwan, albert, dan putra).

08.30 = kami semua dijemput dengan mobil bak terbuka ke dermaga. Oh ya, belum juga naik kapal udah gerimis poyan. Hm.. cuaca yang aneh dimulai..

09.00 lebih sekian = akhirnya, naik perahu dan berangkaat!

Pulau 1:
Ngga nyangka pertama snorkling langsung ke penangkaran hiu dan penyu di pulau menjangan besar! Snorkling aja belum bisa udah ditambah hiu2 mengerikan. Tapi untung ada life vest, dan ternyata hiu2nya memang sudah kenyang... mereka sama sekali ngga peduli dengan daging2 segar berkeliaran. Sayang, ngga sampai berani pegang hiunya. Ryo bilang kulit hiunya agak kasar.

Pulau 2:
Ngga tahu nih pulau apa yang kita datangi... Viaaa, tell me please.
Tapi ini pertama kalinya kita menyelam di laut beneran... seru seru seru! Ngasih makan ikan supaya mendekat, menemukan putri malu air, nemo, dori, dan bulu babi. Hahay... menyenangkan. Pas lagi asyik2 snorkling, tiba2 turun hujan. Semuanya mendekat ke kapal dan sempet salah naik ke kapal orang. :D

Masih Pulau 2:
Kita ngga snorkling lagi tapi main air di pantai.. foto2, menemukan ikan putih transparan, cari kerang dan fosil bunga laut, lalu makan siang ikan bakar... kali ini kita ngga perlu nunggu lama ikan bakarnya. Soalnya kita sendiri sibuk main ngitem2in kulit.. :) Pasirnya putih banget.. dan ryo menawarkan diri untuk dikubur hidup2… haha

Pulau 3:
Sebenernya kita ngga terlalu deket pulau waktu snorkling yang satu ini. Serasa berada di tengah laut. Dan relief dasar lautnya sangat penuh dinamika naik turun. Kadang kita ngga liat apa2 di dasar, kadang karangnya udah di bawah perut atau di depan mata hampir ditabrak. Ck..ck.. paling aman ikutin mas2 guidenya yang udah jago. Tapi dia berenangnya cepet… sampai kram 3 kali ngikutinnya…

Pulau 4:
Ngga snorkling, soalnya banyak ikan pari katanya. Lagipula sudah cukup kram di betis dan telapak kaki untuk ditanggung. Hahaha… jadilah kita foto2 dan main di pantai. Tapi cuma sebentar, setelahnya dipanggil untuk balik ke karimun jawa…

18.00 = sampai di dermaga, lalu diantar ke Roemah Emak. Mandi deh giliran pertama. Malam ini makan malam di penginapan (ikan lagi), dan saking capeknya, langsung jatuh terlelap ngga bergerak sampai pagi.

---bersambung---

No comments:

Post a Comment