5.8.11

TA: Secepat Mungkin Membuat Keputusan yang Tepat

Saya ingat waktu diajak Raras Dila, bersama-sama dengan Rere Isyung juga, makan malam di rumah Pak Tut (Bos Arte). Beliau memberi kami banyak petuah untuk menghadapi TA. Salah satunya adalah berani untuk membuat keputusan dengan segera. Dan salah duanya menghadapi resiko dari pilihan tersebut.

Dalam TA, kami mahasiswa arsitektur diberi kebebasan seluas-luasnya untuk memilih, mulai dari judul kasus, lahan, tema, isu yang diangkat, jenis preseden, hingga metode presentasi dan tetek-bengek lainnya. Tapi justru kebebasan itulah yang menjadi tantangan, dan terkadang menjadi kendala bagi kami para TA-ers. Tak jarang saking bebasnya kami kebingungan dan menunda-nunda membuat keputusan. Padahal, mengutip yang beliau katakan, setiap pilihan ada resikonya, masing-masing ada keuntungannya dan ada tantangannya. Tak ada keputusan yang 100% benar. Justru semakin cepat kita memutuskan, maka akan semakin banyak waktu bagi kita untuk menghadapi resiko pilihan tersebut serta menyempurnakan solusi desain kita. Saya akan ingat baik-baik Pak Tut!

Hari senin sudah di depan mata. Saya memikirkan bagaimana agar kapling saya terasa nyaman. Semoga kita semua bisa memberikan yang terbaik. Amin. Semangat AR 4099! :D

No comments:

Post a Comment