22.10.11

The Station on Progress

"Each country needs the types of stations appropriate to its needs, not expensive copies of Western European prototypes." -- Ross, 2000

"Cretivity is the ability to conceive and develop solutions that are imaginative, interesting, and relevant." - Ross, 2000

Imaginative, seseorang pernah berkata bahwa untuk menjadi arsitek yang 'hebat' dibutuhkan fantasi: kemampuan untuk membayangkan sesuatu yang belum pernah terpikirkan. Padahal dalam kreativitas kita dituntut untuk imaginatif kok, bukan diminta berfantasi. Belajar dari sponge bob, what we need is Imagination... semua orang bisa melakukannya. Berusahalah.

Interesting, jika karya kita sebegitu membosankannya sampai-sampai orang tidak menyadari keberadaannya, hati-hati. Kita perlu membuat sesuatu yang menarik. Ada banyak cara untuk melakukannya. Misalnya dengan garis-garis diagonal (yang secara alami memang menarik perhatian, meskipun penggunaan garis diagonal tidak selalu baik), warna yang mencolok, bentuk yang berbeda, dan lain sebagainya. Sesuatu yang menarik bukan berarti mahal atau tidak efisien. Jangan sampai dengan dalih efisiensi dan keterbatasan dana, bangunan kita menjadi sangat biasa. Jika demikian, apa gunanya seorang arsitek? Kemana perginya kreativitas?

Relevan, pesan dari dosen pembimbing: jangan mengada-adakan alasan tapi mengabaikan alasan yang benar-benar penting. Jangan buat dasar asumsi yang tidak relevan hingga mempengaruhi keputusan desain. Pelajari lagi! Kuasai betul apa itu stasiun dan bagaimana caranya agar stasiun kamu dapat beroperasi dengan baik.

No comments:

Post a Comment