11.5.12

Bahasa Non Verbal

Terima kasih kepada CR yang memunculkan istilah ini dalam sebuah kesempatan. Entah bagaimana, istilah ini nempel dalam ruang pikiran saya selama seminggu, sehingga banyak obrolan saya dengan teman-teman saya berkisar tentang bahasa non verbal ini.

Bahasa non verbal termasuk bahasa yang sulit. Sangat beruntung orang yang dianugrahi kemampuan berkomunikasi non verbal dengan baik dan lancar. Soalnya, bahasa ini termasuk cabang bahasa yang multi tafsir dan paling berpeluang menghasilkan kesalahpahaman.Saya sendiri beberapa kali dalam waktu dekat ini dipusingkan oleh bahasa non verbal.

Ketika menemukan kesulitan, Sherlock Holmes akan menganggapnya tantangan. Saya, yah... saya tetap menganggap kesulitan itu sebagai sebuah kesulitan sih.. tapi saya berusaha juga coba-coba menghadapinya. Nah ternyata setelah googling dan diskusi dengan temen, saya menemukan bahwa bahasa non verbal itu sangat menarik. Apalagi ketika mencoba membandingkan pandangan kita (hasil tafsiran kita terhadap suatu bentukan bahasa non verbal) dengan pandangan orang lain. Terkadang bisa sepakat seratus persen, namun tak jarang juga berbeda sangat jauh.

MENARIK... :)

No comments:

Post a Comment