20.8.13

Material #1: Tyvek

Material menarik yang saya temukan minggu ini adalah Tyvek®. Dari segi penampilan, Tyvek dapat menyerupai kertas, kain, dan plastik sekaligus. Dari komposisi penyusunnya, Tyvek termasuk serat polyethylene sintetis.

Tyvek adalah material fiber yang cukup kuat. Akan tetapi ia mudah untuk dipotong, dapat dijahit, dan dapat digunakan sebagai media print. Ia dapat digunakan baik indoor maupun outdoor dengan variasi fungsi yang menarik, meskipun kegunaan awalnya hanya sebagai pembungkus bangunan (house wrap) pada saat konstruksi.

Sebagai selubung atau penutup, Tyvek memiliki pori-pori sehingga termasuk dalam kategori "breathable". Akan tetapi zat cair ataupun air yang berbentuk liquid tidak dapat menembus pori-porinya sehingga Tyvek juga termasuk kategori "tahan air". Material ini dikembangkan menjadi beberapa jenis ketebalan, tampilan, dan kekuatan. Ada yang lebih menyerupai kertas, dan ada pula yang menyerupai kain. Tyvek kini banyak juga digunakan sebagai material pakaian, tas, lentera, kap lampu, peta, publikasi, vas bunga, penutup lantai dan dinding, produk interior, partisi, langit-langit, shelter, dan tirai. Meskipun Tyvek merupakan material sintesis dengan tampilan yang sering menyerupai plastik dan tahan air, Tyvek termasuk material yang dapat di daur ulang.

Sejarah Tyvek®
Seperti halnya banyak temuan di dunia ini, Tyvek ditemukan secara tidak sengaja. Jim White, salah seorang peneliti perusahaan DuPont, adalah pengamat yang pertama kali menyadari adanya Tyvek. Pada tahun 1955 White mengamati adanya benang-benang polyethylene yang muncul dari pipa percobaan lab DuPont. Kemudian, White melanjutkan penelitian tersebut di tahun yang sama ketika perusahaan membuat program penemuan material baru. Di tahun 1956, DuPont mengajukan proposal untuk mematenkan hasil temuan mereka, yaitu benang kuat dari polyethylene yang kemudian diberi nama Tyvek. Pengembangan produk dan industri Tyvek memakan waktu yang cukup lama. Baru pada tahun 1967 Tyvek berhasil diproduksi secara masal dan mulai dipasarkan.

Pengolahan material Tyvek dalam Arsitektur







Pengolahan material Tyvek dalam Fashion dan Design Produk











Sumber:
http://www2.dupont.com/Tyvek_Weatherization/en_US/applications/index.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Tyvek
http://www2.dupont.com/Tyvek/en_US/products/about_pgs/history.html
http://web.archive.org/web/20110628202910/http://abcnews.go.com/Health/wireStory?id=12757672&page=2





1 comment: