22.4.14

Yang Gratis-Gratis di Brisbane

Sebagai petualang yang cerdas alias backpacker super irit, tentunya barang ‘gratis’ harus jadi yang nomor satu untuk diketahui. Anywhere. Apalagi di Australia sini, di mana semua barang harganya ekstra mahal ngga masuk akal.

Several years ago everything was cheap, and then it raised rapidly and here we are.” – Darell / Safety Bus Driver

Here is the list of free entertainment in Brisbane:

1. City Loop Bus
Naik City Loop Bus adalah kesempatan untuk melihat-lihat kota Brisbane tanpa mengeluarkan dolar. Total durasi sekitar dua jam. Rute yang dilewati bis ini dapat dilihat disini.

2. Queensland Museum
Hampir seluruh isi bangunan museum ini gratis, kecuali pameran-pameran khusus di lantai 3 dan science center di lantai dasar. Banyak hal yag bisa dilihat: pengenalan mengenai queensland mulai dari sejarah, flora-fauna, sumber daya alam, hingga gaya hidup queenslander dan gympie; kehidupan bawah air; kehidupan zaman purba; segala jenis hewan dan tumbuhan Australia; kebudayaan aborigin, dan lain-lain.

3. Queensland Gallery of Modern Art
Selain pameran-pameran terkenal yang sering kali ‘mampir’ ke GOMA, ada juga ‘free cinema’ yang selalu tersedia setiap minggu. Film-film ini diputar Antara hari Senin, Rabu, Jumat, Sabtu, Minggu dengan tema-tema yang menarik. Bagi pecinta film dan literature, atau yang sekedar ingin melemaskan kaki setelah seharian menjelajah Brisbane, bisa mengecek jadwal film di sini dan datang 30 menit sebelum film di mulai.
Terkadang disediakan juga aktivitas gratis seperti sketsa dan jasa pengiriman kartu pos gratis yang merupakan bagian dari pameran di GOMA. Pameran yang tersebar di seluruh bangunan ini juga gratis. Setiap bulannya sering kali ada barang-barang baru yang menarik untuk dieksplor.

4. Queensland State Library
Tempat belajar, kerja, atau nongkrong yang super asik. Termasuk presentasi tugas kuliah. Tapi FYI, internetnya kurang memadai untuk tugas. Internet eduroam yang paling canggih yang saya dapat di Brisbane sejauh ini.

5.Brisbane Museum (City Hall) dan Clock Tower
Bangunan yang dulunya adalah City Hall ini kini di alih-fungsikan menjadi museum. Di setiap lantainya bisa tersedia dua hingga tiga pameran dan kebanyakan tidak berbayar. Nikmati pameran-pameran yang mencerdaskan dan menginspirasi di sini. Jangan lupa mengunjungi Clock Tower yang terkenal. Gratis biaya masuk kok. 

6. Queensland Maritime Museum
Sesuai namanya museum ini menggambarkan sejarah dunia maritim Queensland dan Australia. Yang bisa dilakukan di sini tentunya foto-foto dan menambah wawasan. Lokasinya di ujung Selatan Southbank Parkland.

7. Southbank Parkland and “The Beach”
Southbank Parkland adalah tempat asyik buat leyeh-leyeh melarikan diri dari tugas kuliah, sembari menikmati pemandangan sungai dan skyline Brisbane CBD. Banyak artis jalanan dan pertunjukan gratis yang bisa dinikmati di sini. Dan tempat ini juga sangat sering menjadi venue berbagai event penting: “Brisbane Welcoming”, “Royal Walk Prince William – Kate Middleton”, “Budha Birthday Festival”, dan yang paling eye-catching “Brisbane Riverfire” pada bulan September. Tahun ini tepatnya akan diselenggarakan tanggal 27 September 2014.
Plus, di southbank ini masih ada ‘The Beach’ alias kolam renang buatan yang gratis untuk umum, meja-meja untuk tenis meja, volley net, dan grill barbeque gratis.

8. Mt. Coot-tha Botanical Garden dan Sir Thomas Planetarium
Botanical garden-nya luas dan cantik... terutama di musim semi. Kedua tempat ini berdekatan dan gratis. Planetarium mungkin menarik bila kita ikut nonton layar kubah di sana. Hanya saja untuk yang satu ini perlu merogoh tiket sekitar $15-$30. 

9. Roma Parkland
Yang pasti bisa foto, piknik, olah raga, barbeque, dan relaxasi. Paling bagus untuk dikunjungi di musim semi. 

10. University of Queensland (UQ)
Di sini siapapun bisa menikmati bangunan UQ yang menarik, UQ Lake dengan hewan-hewannya yang 'jinak', UQ Art Museum, Archaeology Museum, serta seminar dan event gratis. Khusus di saat UQ Open House, museum Zoology dibuka untuk umum. Isinya lebih menarik daripada yang ada di Queensland Museum.

11. Queensland University of Technology (QUT)
Seperti UQ, QUT juga tersebar di beberapa kampus. Salah satunya terletak di Brisbane CBD, dekat dengan Queenstreet Mall dan City Botanical Garden. Salah satu bangunan yang terkenal di QUT, The Cube, memiliki aquarium digital raksasa yang edukatif dan menyenangkan. Selain itu bangunan ini juga memiliki ruang-ruang belajar yang unik, dengan interior berbeda-beda. Kita bisa memilih untuk belajar di ruangan modern atau kuno, meja tinggi atau meja rendah, sofa atau meja makan. Menarik.

Demikian, siapapun yang kebetulan mau mampir Brisbane. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment